Thread Reader

Fauzan Al-Rasyid

@fauzanalrasyid

May 4, 2020

18 tweets
Twitter

Halo! Sekarang kita bahas penulisan angka dan bilangan.

Ditulis dengan HURUF jika ... 1. Bilangan tersebut dapat dinyatakan dengan SATU atau DUA kata.

Contoh: Mereka menonton drama itu sampai TIGA kali. Koleksi perpustakaan itu lebih dari SATU JUTA buku. Minibus ini mampu memuat hingga LIMA BELAS penumpang. Video musik ini telah ditonton lebih dari LIMA JUTA kali di YouTube.

Kecuali: Bilangan tersebut dipakai secara berurutan dalam perincian.

Contoh: Di antara 72 anggota yang hadir, 52 orang setuju, 15 orang tidak setuju, dan 5 orang abstain. Kendaraan yang dipesan untuk angkutan umum terdiri atas 50 bus, 100 minibus, dan 250 sedan.

Ditulis dengan HURUF jika ... 2. Bilangan tersebut terletak pada awal kalimat.

Contoh: ✔️ Lima puluh siswa teladan mendapat beasiswa dari pemerintah daerah. ❌ 50 siswa teladan mendapat beasiswa dari pemerintah daerah. ✔️ Seratus orang warga telah mendapatkan bantuan pemerintah. ❌ 100 orang warga telah mendapatkan bantuan pemerintah.

Perhatikan: Apabila bilangan pada awal kalimat TIDAK BISA dinyatakan dengan satu atau dua kata, susunan kalimatnya diubah.

Contoh: ❌ 250 orang peserta diundang panitia. ❌ Dua ratus lima puluh orang peserta diundang panitia. ✔️ Panitia mengundang 250 orang peserta.

Ditulis dengan HURUF jika ... 3. Angka dengan bilangan besar bisa ditulis SEBAGIAN dengan huruf supaya lebih mudah dibaca.

Contoh: Dia mendapatkan bantuan 250 juta rupiah untuk mengembangkan usahanya. Proyek pemberdayaan ekonomi rakyat itu memerlukan biaya Rp10 triliun. Pemerintah menyuntikkan dana sebesar 2,5 miliar rupiah untuk mendorong industri pariwisata.

Ditulis dengan ANGKA jika ... 1. Menyatakan (a) ukuran panjang, berat, luas, isi, dan waktu serta (b) nilai uang.

Contoh: 1. Ukuran panjang, berat, luas, isi, dan waktu 0,5 sentimeter 5 kilogram 4 hektare 10 liter 2 tahun 6 bulan 5 hari 1 jam 20 menit 2. Nilai uang Rp15.000 $200,50 £5,25 ¥100

Ditulis dengan ANGKA jika ... 2. Menomori alamat, seperti jalan, rumah, apartemen, atau kamar. 3. Menomori bagian karangan atau ayat kitab suci.

Bilangan Tingkat

Contoh: ❌ Adikku masih duduk di bangku kelas 11 SMA. ✔️ Adikku masih duduk di bangku kelas XI SMA. ❌ Ujian Nasional untuk siswa kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA dibatalkan. ✔️ Ujian Nasional untuk siswa kelas VI SD, IX SMP, dan XII SMA dibatalkan.

Contoh: ✔️ Indonesia merdeka pada abad ke-20. ✔️ Indonesia merdeka pada abad XX. ✔️ Indonesia merdeka pada abad kedua puluh.

✔️ Uni Soviet mengalahkan Nazi pada Perang Dunia Ke-2. ✔️ Uni Soviet mengalahkan Nazi pada Perang Dunia II. ✔️ Uni Soviet mengalahkan Nazi pada Perang Dunia Kedua.

Fauzan Al-Rasyid

@fauzanalrasyid

Editor at @russiabeyond (int'l media project by TV-Novosti); owner @fauzanfess; magister student of linguistics | Business inq.: 📞 +62 881-0808-88021 (Yasmine)

Follow on Twitter

Missing some tweets in this thread? Or failed to load images or videos? You can try to .