Thread Reader
Kiaaa

Kiaaa
@kiakamong

Jan 11
22 tweets
Twitter

“Kak gimana yaa mulai bikin essay aku bingung” “Kak kii tolong kasi tau dari mana sumber dan rujukan essaynyaa” “Kak boleh liat contoh essay yang menangnya ga?” Sebuah utas untuk kamu yang pengen belajar bikin essay! *cr foto : pinterest

DISCLAIMER Halo temen-temen! kenalin aku Kia dari Ilmu Ekonomi UI 2021. Kali ini, aku bakal coba merangkum hal-hal yang diperlukan untuk menulis sebuah essay. Disclaimer, aku baru terjun di dunia kepenulisan terutama essay itu di awal semester 3.
Sebenernya udah nulis LKTI dari SMA dan sampai tingkat nasional, tapi itu ranahnya saintek karena anak SMA IPA. Nah, di masa perkuliahan ini, aku mulai nulis essay dengan background jurusanku.
So thread ini: ✅ Akan lebih banyak memuat tips and tricks essay dari perspektif soshum dan essay untuk kompetisi ✅ Masi newbie banget, jadi kalo ada temen2 dan kakak2 yang mau nambahin, kasi saran dan kritik, silahkan banget! Tanpa banyak basa basi lagi let’s go kita bahas~~~
TENTUKAN TUJUAN Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus tau tujuan kenapa bikin essay. Mau ikut lomba essay? Tugas kuliah banyak yang disuruh bikin essay? atau cuman sekedar suka nulis doang. Aku pribadi bertekad untuk menambah skills menulis terutama essay karena:
✅ Essay merupakan salah satu bidang kepenulisan yang paling simple. Jadi, pas buat mereka yang baru terjun ke dunia kepenulisan, nanti setelah itu baru deh bikin LKTI, PKM, paper untuk conference, sampe pada akhirnya bisa terbit jurnal/artikel ilmiah. Kesimpulannya : BERTAHAP.
✅ Jenjang karir yang aku cita-citakan bakal banyak berurusan dengan menulis dan data. Oleh karena itu, aku harus melatih skills research dan writing dari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan ikut lomba essay.
✅ Mata kuliah di jurusanku banyak disuruh bikin paper, termasuk semester 3 kemaren. Okay, sampe sini kamu udah nentuin belum kenapa kamu harus bikin essay? Kalo udah, lanjut baca utas ini.
STRUKTUR ESSAY Nah, seperti yang udah aku bilang sebelumnya, essay ini paling simple. Jadi, strukturnya pun juga simple ga kyk PKM or LKTI. Umumnya, struktur essay cuman Pendahuluan, Isi, Penutup.
✅BAGIAN 1 : Pendahuluan Biasanya di kompetisi kita dikasi tema/subtema. Untuk pendahuluan, kamu harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Bisa beda-beda tiap penulis, tapi berdasarkan pengalaman dan mentor aku, ini aspek-aspek penting yang harus ada di pendahuluan.
Contoh pendahuluan yang aku bikin. Maaf yaa temen-temen aku belum bisa upload essay as a whole🙏🏻 Kira-kira ada yang bisa nebak aku bahas apa gaa? hihi ^^
✅BAGIAN 2 : Isi Mentor aku bilang, yang paling penting dari essay adalah solusi yang kamu tawarkan ke pembaca itu apa? nah untuk menyusun solusi itu, kamu harus bisa memperhatikan aspek-aspek di bawah ini. SALAH SATU YANG PENTING ADALAH SWOT ANALYSIS.
Tiap solusi yang ingin dikembangkan, pasti ada kekurangannya. Juri akan menilai tulisan kamu bagus ketika kamu sadar di solusi kamu ini ada beberapa kekurangan dan kamu tau kekurangan itu bisa diselesaikan dengan cara tertentu. YANG GAK KALAH PENTING ADALAH MOCKUP/GAMBAR/SKEMA.
Solusi biasanya ada dua, normatif dan aplikatif. Essay kamu akan lebih besar peluangnya untuk menang kalo pake solusi aplikatif dan anak saintek berpeluang besar untuk menciptakan solusi-solusi aplikatif tersebut dibanding anak soshum yang cenderung normatif.
Namun, anak-anak soshum udah mulai beralih ke solusi aplikatif, at least di lingkungan aku. Solusi aplikatif ini ga harus beneran berupa ‘aplikasi’ ya. Maksud aplikatif disini adalah punya wujud nyata dan bisa diimplementasikan.
✅BAGIAN 3 : Kesimpulan/Penutup Di bagian ini, silahkan tegaskan kembali seberapa penting/urgent permasalahan yang kamu bawa dan seberapa efektifnya solusi yang kamu tawarkan.
INFO MENTORING DAN LOMBA ESSAY Untuk bisa mendapatkan skills baru, kamu harus lebih 'getol' untuk cari tahu sendiri. Besarnya komitmen menambah skills itu, akan berbanding lurus dengan effort kamu untuk dapetinnya.
Aku bertekad untuk menambah skills, yaitu essay writing. Oleh karena itu, aku mulai nyari sendiri info mentoring dan info lomba. Mentor pertama aku adalah seorang mapres FMIPA UGM, jadi essay yang beliau bahas cenderung saintek.
Walaupun begitu, beliau sangat insightful. Materi yang aku tulis ini juga ilmu yang aku dapetin dari Kak Zul! Nah, di sisi lain aku juga butuh essay dari perspektif soshum. Akhirnya aku ambil mentoring lagi di Kelas Belinda. Mentornya kebetulan senior aku di FEB UI.
Temen-temen harus lebih aktif nyari lomba. Emg harus 'gigih' kalo pengen capai sesuatu. Ini beberapa akun yang selalu aku jadikan referensi untuk lomba. Hati-hati juga yaa milih lombanya! Ada banyak sebenernya lomba yang kurang terstruktur dan kurang worth it untuk dicoba.
Supaya threadnya ga kepanjangan, hal-hal seperti gimana bikin kerangka berpikir essay, cara cari urgensi masalah, sumber essay pake apa dan lainnya akan aku taruh di thread kedua yaa! Terima kasih udah baca thread ini❤️ Kalo ada pertanyaan, boleh kesini ngl.link/kiasukmana
Selamat membaca❤️
Kiaaa

Kiaaa
@kiakamong

[THREAD ESSAY PART 2] KESALAHAN-KESALAHAN DALAM PEMBUATAN ESSAY~~ Haloo temen-temen, back again with me hihi. Sekarang, kita masuk ke bagian kesalahan-kesalahan yang sering banget penulis essay lakukan. Check it out!
Kiaaa

Kiaaa

@kiakamong
FEB UI'21 | Seseorang yang selalu ingin mengembangkan growth mindset
Follow on Twitter
Missing some tweets in this thread? Or failed to load images or videos? You can try to .